::Dalam rangka membangun ekosistem yang fair, kami akan terus memperbaharui kebijakan terkait dengan akses produk, skema reputasi dan lainnya. Halaman ini terakhir di-update per 9 Jan 2023 jam 16.22::
Di Dropshipper.co.id kami menerapkan skema reputasi untuk mengelompokkan member berdasarkan nilai penjualan 90 hari terakhir. Reputasi ini dibuat bertingkat mulai dari bawah yaitu Member Biasa sampai yang paling tinggi yaitu Top Partner.
Tujuan penerapan skema reputasi adalah untuk membuat ekosistem seller yang adil dan berkelanjutan:
- Member baru tidak akan langsung bersaing memasarkan produk yang sama dengan member reputasi lebih tinggi
- Menekan terjadinya perang harga atau saling menjatuhkan harga antar sesama member
- Meratakan pemasaran produk supaya tidak selalu fokus ke produk- produk yang sudah dioptimasi penjualannya oleh member tertentu
Kebijakan:
- Member hanya bisa melakukan order produk dengan reputasi sama atau di bawah (<=) reputasi member saat ini
- Kecuali
jika produk tersebut sudah pernah di-order sebelumnya oleh member.
Member masih bisa melakukan order meski reputasi produk lebih tinggi
Berikut tingkatan reputasi berdasarkan nilai penjualan:
# | Nama Reputasi | Nilai Penjualan 90 Hari Terakhir | Logo | Singkatan |
1 | Member Biasa | 0-500.000
|
|
|
2 | Pedagang | 500.001-2.000.000
|
|
|
3 | Pedagang Besar
| 2.000.001-5.000.000
|
|
|
4 | Calon Juragan
| 5.000.001-10.000.000
|
|
|
5 | Juragan
| 10.000.001-15.000.000
|
|
|
6 | Good Seller
| 15.000.001-25.000.000
|
|
|
7 | Recommended Seller
| 25.000.001-40.000.000
|
|
|
8 | Trusted Seller
| 40.000.001-60.000.000
|
|
|
9 | Star Seller
| 60.000.001-120.000.000
|
|
|
10 | Partner
| 120.000.001-200.000.000
|
|
|
11 | Top Partner
| > 200.000.001
|
|
|
Perhitungan Reputasi Produk
Reputasi produk ditentukan oleh rata- rata reputasi + kuantiti penjualan dari semua member yang menguasai 90% dari total penjualan produk tersebut. Berikut cara sistem menentukan reputasi sebuah produk:
- Produk yang dikenakan reputasi adalah produk dengan laju penjualan di atas kuantiti minimal penjualan yang ditetapkan
- Kuantiti minimal penjualan ini berbeda- beda untuk setiap produk menyesuaikan dengan segmen, harga, lama masa pemasaran, volume penjualan dll
- Jika laju penjualan produk di atas kuantiti minimal maka sistem akan menghitung rata- rata reputasi semua member yang menguasai 90% dari total penjualan produk tersebut
- Selain itu sistem juga melihat faktor kuantiti penjualan produk di masing- masing member. Semakin banyak produk terjual maka semakin kuat pengaruh member ke penentuan reputasi produk
Jadi reputasi produk tidak ditentukan oleh nilai penjualan tapi oleh reputasi member yang memasarkan. Bisa saja penjualan produk hanya sedikit di atas kuantiti minimal tapi karena dipasarkan oleh beberapa member ber-reputasi tinggi maka otomatis reputasi produk juga akan ikut tinggi.
Atau bisa juga sebaliknya reputasi produk ada di level menengah, padahal penjualannya sangat tinggi. Hal ini bisa jadi dikarenakan cukup banyak member yang memasarkan produk tersebut dengan reputasi beragam dan kuantiti penjualan merata sehingga perhitungan sistem untuk reputasi produk tidak terlalu tinggi.
Contoh #1
Produk A dipasarkan oleh 11 member dengan reputasi member dan penjualan seperti pada table di bawah.
Berikut cara sistem menentukan reputasi produk A:
- Sistem melihat 90% penjualan produk dikuasai oleh 2 member yaitu Budi dan Susi
- Reputasi Budi adalah Trusted Seller (bobot 8) dan Susi adalah Member Biasa (bobot 1)
- Penjualan Budi sangat tinggi yaitu 170 pcs sementara Susi hanya 3 pcs. Sehingga member Budi lebih berpengaruh dalam menentukan reputasi produk
- Berdasarkan rataan reputasi dan kuantiti penjualan member di atas, hasil akhir perhitungan sistem untuk reputasi produk A adalah Trusted Seller
Contoh #2
Produk B dipasarkan oleh 14 member dengan reputasi member dan penjualan seperti pada table di bawah.
Berikut cara sistem menentukan reputasi produk B:
- Sistem melihat 90% penjualan produk dikuasai oleh 7 member dengan reputasi beragam
- Rekso dan Susan secara penjualan cukup tinggi, hanya saja kedua member tersebut secara persentase baru menguasai 57% dari total penjualan. Sehingga member- member di bawahnya akan turut dimasukkan ke dalam perhitungan sistem sampai mencapai syarat minimal 90% total penjualan
- Ani, Santi, Budi, Fajar dan Andi meski secara penjualan agak rendah tapi tetap masih memiliki bobot pengaruh ke penentuan reputasi produk
- Berdasarkan rataan reputasi dan kuantiti penjualan member di atas, hasil akhir perhitungan sistem untuk reputasi produk B adalah Calon Juragan